TN TESSO NILO SERAHKAN 30 EKOR ANAK KAMBING KEPADA KTH RAMBAHAN

Berita99 views

Rambahan, Kamis, 06 Oktober 2022 – Petugas Balai TN Tesso Nilo laksanakan kegiatan serah terima bantuan ekonomi pemberdayaan masyarakat dan pertemuan kader konservasi di Desa Rambahan, Kec. Logas Tanah Darat, Kab. Kuantan Singingi

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Rambahan, Ketua KTH Rambahan di Hati (ternak sapi), Ketua dan anggota KTH Rambahan Berkah sebanyak 15 orang. Kegiatan diawali dengan  koordinasi bersama Kepala Desa Rambahan Ali Nasri terkait pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa Rambahan. Kepala Desa Rambahan sangat mendukung dan ikut serta dalam membina dan mendampingi kegiatan-kegiatan 2 KTH di desa Rambahan yaitu KTH Rambahan Di Hati (2019) bidang kegiatan ternak sapi dan KTH Rambahan Berkah (2022) bidang kegiatan ternak kambing. Pada tahun 2022 ini, Desa Rambahan kembali mendapatkan bantuan ekonomi untuk kedua kalinya sebagai penghargaan atas keberhasilan KTH Rambahan Di Hati.

Bantuan yang diberikan adalah sejumlah uang tunai yang telah dibelanjakan 30 ekor kambing (jenis kelamin betina). 30 ekor kambing ini dibagikan kepada 15 anggota KTH Rambahan Berkah, masing-masing anggota diamanahkan untuk merawat 2 ekor kambing.

Kepala Desa menegaskan kepada seluruh anggota kelompok bahwasanya kambing yang diberikan merupakan tanggung jawab kelompok dan akan digulirkan ke masyarakat yang lain di luar kelompok agar lebih banyak masyarakat Desa Rambahan yang menerima manfaat dari bantuan tersebut.

Secara simbolis kambing diserahkan oleh Kepala Sub Bag TU TN Tesso Nilo Delfi Andra SP dan diterima oleh Ketua KTH Rambahan Berkah bertempat di Balai Desa Rambahan. Setelah acara serah terima kambing selesai dilaksanakan, petugas melakukan pengecekan masing-masing kambing yang sebelumnya sudah didistribusikan kepada masing-masing anggota kelompok.

Petugas menyampaikan, bantuan ekonomi berupa hewan kambing yang telah diberikan kepada kelompok diharapkan dapat berkembang dengan baik dan memberikan manfaat ekonomi secara langsung bagi anggota kelompok dan masyarakat Desa Rambahan.

Pada kesempatan pertemuan ini dilakukan juga pembentukan kader konservasi Desa Rambahan, dimana disepakati usulan nama-nama kader konservasi Desa Rambahan akan disampaikan melalui surat Kepala Desa ke Balai TN. Tesso Nilo untuk diproses lebih lanjut.

Penyerahan bantuan dan pertemuan berlangsung dengan lancar, dan petugas menyampaikan  akan melakukan pendampingan kelompok secara berkala dan monitoring progres pemberdayaan untuk memantau perkembangan dari program KTH.

Leave a Reply