TIM PIKET PENJAGAAN TN TESSO NILO USIR DAN PERINGATI KERAS ALAT BERAT YANG BEROPERASI DIKAWASAN

Berita56 views

LKB, Minggu 6 November 2022 – Tim piket penjagaan kawasan TN Tesso Nilo berhasil menemukan keberadaan satu unit alat berat yang beroperasi didalam kawasan tepatnya areal Resort Lancang Kuning Air Sawan, SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga, Ukui, Pelalawan.

Penemuan alat berat bermula dari laporan masyarakat kepada tim piket bahwa terdapat alat berat yang sedang bekerja membuka lahan didalam kawasan hutan. Tim setelah berkoordinasi, seketika langsung menuju lokasi untuk memastikan laporan tersebut.

Pada TKP tim menemukan alat berat sedang melakukan pembukaan dan pembersihan lahan untuk perkebunan. Petugas  melakukan pengumpulan data dan informasi terhadap operator alat berat. Berdasarkan introgasi diperoleh  informasi bahwa lahan tersebut adalah milik masyarakat inisial S dan disewa oleh onum masyarakat inisial TMM.  

Tim memberikan peringatan keras dan surat teguran keras kepada operator dan penyewa alat berat untuk tidak melanjutkan aktifitas didalam kawasan dan keluar dari kawasan hutan, juga menjelaskan konsekuensi yang akan diperoleh jika melakukan aktifitas yang melanggar hukum didalam kawasan. Berdasarkan arahan pimpinan alat diusir dan digiring keluar dari kawasan TN Tesso Nilo. Kemudian tim memerintahkan operator dan mengawal alat berat tersebut untuk melakukan rolling keluar meninggalkan lokasi.  Dalam proses rolling keluar dari kawasan tim dihadang oleh oknum masyarakat sejumlah lebih kurang 50 orang. Untuk menjaga kondusifitas tim memutuskas alat berat tersebut digiring oleh masyarakat keluar dan petugas memberikan peringatan keras untuk tidak melakukan aktifitas didalam kawasan hutan.

Leave a Reply