SUKSESKAN PROGRAM KTH, TN TESSO NILO LAKSANAKAN MONITORING

Berita131 views

Baserah, Rabu 24 Agustus 2022 – Tim monitoring dan evaluasi Kelompok Tani Hutan (KTH) SPTN Wilayah II Baserah kembali melaksanakan kegiatan monitoring kepada KTH Maju Basamo di Desa Situgal, SPTN Wilayah II Baserah.

Sebelum melaksanakan kegiatan tim terlebih dahulu melakukan diskusi dan koordinasi dengan Kepala Desa dan Ketua KTH Maju Basamo. Pada kegiatan monitoring ini tim dan KTH melakukan pembahsan terkait kondisi tanaman Pinang, kendala selama pertumbuhan dan harapan dari KTH kedepannya.

Lebih lanjut, tim juga melakukan kunjungan langsung ke kebun Pinang milik anggota – anggota kelompok. Kondisi Pinang Batara secara umum tumbuh cukup baik dengan tinggi rata – rata 3 meter. Diketahui Pinang saat ini sudah berumur umur 2,2 tahun semenjak ditanam.

Pada peninjauan ini tim menemukan Pinang yang mengalami kekerdilan diakibatkan kurangnya pemupukan, jarak tanam yang masih rapat, dan daun menguning diduga terkena racun saat penyemprotan semak. Tim kemudian menyarankan KTH untuk memberikan pupuk dan melakukan pemantauan rutin terhadap pertumbuhan pinang. Tim monev juga menyampaikan akan melakukan pendampingan secara intensif terkait perawatan tanaman Pinang mengingat tanaman sudah mulai masuk umur 3 tahun.

Leave a Reply