SUKSESKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR KAWASAN, PETUGAS FASILITASI KTH DAN LAKUKAN PENDATAAN PROKLIM

Berita103 views

Baserah, 27 Juni 2022 – Dalam rangka memfasilitasi bantuan ekonomi masyarakat dan pengambilan data Program Kampung Iklim (Proklim), petugas TN Tesso Nilo melakukan koordinasi ke Desa Rambahan.

Koordinasi ini dilakukan untuk mendampingi KTH Rambahan Berkah menyiapkan dokumen fasilitasi pemberian bantuan ekonomi kreatif. Petugas mengungkapkan kelompok ini ditetapkan oleh Kepala Desa Rambahan pada tanggal 21 Maret 2022 beranggotakan 15 orang dengan bidang kegiatan budidaya/ternak kambing jenis kambing kacang. Pada koordinasi ini petugas memberikan bantuan berupa uang tunai kepada kelompok yang nantinya akan dibelikan kambing.

Setelah menyelesaikan koordinasi, petugas kemudian melakukan pengambilan data Program Kampung Iklim (Proklim). Proklim sendiri dijelaskan petugas merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh KLHK dalam rangka mendorong masyarakat untuk melakukan peningkatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan penghargaan terhadap upaya-upaya adaptasi migitasi perubahan iklim yang telah dilaksanakan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pengambilan data ini dilakukan dengan wawancara terhadap perangkat desa yaitu Kepala Desa sebagai narasumber. Data yang diambil antara lain terkait gambaran umum desa (dari monografi), kegiatan adaptasi perubahan iklim dan kegiatan mitigasi perubahan iklim oleh masyarakat desa Rambahan.

Koornidasi dan pengambilan data dilaksanakan dengan lancar oleh petugas, dan diikuti secara kooperatif oleh masyarakat. Bantuan ekonomi dan pengambilan data Proklim nantinya akan terus dilakukan pendampingan dan monitoring untuk memsukseskan program yang berjalan.

Leave a Reply