PATROLI PENYELAMATAN HUTAN ALAM SPTN WILAYAH I LKB OLEH PETUGAS DAN MASYARAKAT

Berita97 views

Lubuk Kembang Bunga, 30 November s.d 2 Desember 2021 – Kepala SPTN Wilayah I LKB bersama dengan jajaran telah melaksanakan patroli penyelamatan hutan alam di kawasan SPTN Wilayah I LKB. Patroli dilakukan secara gabungan mengikutsertakan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan juga masyarakat desa.

Pada hari pertama patroli, tim gabungan yang dipimpin oleh Kepala SPTN Wilayah I LKB Taufiq Haryadi, SP merobohkan pondok oknum masyarakat yang dibangun didalam kawasan. Pondok yang dibangun disinyalir akan dijadikan tempat peristirahatan oknum masyarakat yang akan membuka lahan perkebunan. Pada lokasi pondok yang sudah dirobohkan, tim kemudian melakukan penanaman bibit sebanyak 50 batang tanaman.

Pada hari selanjutnya, tim melakukan himbauan dan memberi peringatan kepada masyarakat yang masih bermukim didalam kawasan untuk segara keluar meninggalkan kawasan TN Tesso Nilo. Setelah melakukan himbauan tim melanjutkan penanaman disekitar pondok warga dengan langsung mengajak warga Ibu-Ibu dan anak-anak untuk ikut melakukan penanaman. Adapun yang ditanam merupakan 50 batang tanaman jenis Nangka dan Cempedak.

Hari terakhir patroli, tim melanjutkan penyisiran kembali dan menemukan adanya indikasi aktifitas illegall loging yang dilakukan oleh oknum masyarakat. Pada hamparan lokasi tim menemukan 4 titik TKP illegal loging namun hasil kayu olahannya diduga sudah diangkut keluar. Setelah menelusuri TKP illegal loging kemudian tim melacak TKP penyimpanan kayu olahan dan berhasil menemukan TKP penyimpanan illegal loging. menemukan kayu olahan tersebut tim langsung mengambil tindakan dengan cara memusnahkan dan mencincang seluruh kayu olahan.

Tim patroli mengungkapkan bahwa patroli penyelamatan hutan aman kian hari akan semakin diperketat untuk menuntaskan aktifitas tindak pidana hutan di dalam kawasan. Kegiatan penanaman akan diselingi dalam setiap kegiatan sebagai bentuk upaya pemulihan ekosistem

Leave a Reply