PANTAU KONDISI DAN PERMASALAHAN TN TESSO NILO, KEPALA BALAI TN TESSO NILO DAN JAJARAN LAKSANAKAN PATROLI PENGAMANAN HUTAN DI SPTN WILAYAH I LKB

Berita73 views

Lubuk Kembang Bunga, 16 November 2021 – Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo Heru Sutmantoro, S.Hut, M.M beserta dengan jajaran melakukan Patroli hutan di Kawasan SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga. Patroli dilaksakanan Kepala Balai untuk turun langsung melihat kondisi dan permasalahan pengelolaan kawasan TN Tesso Nilo

Dalam kegiatannya Kepala Balai beserta tim terlebih dahulu melakukan penyisiran kawasan dengan sepeda motor mulai dari camp restorasi ke sekitar Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Lubuk Kembang Bunga untuk memantau kondisi terkini. Dari penyisiran tersebut Kepala Balai dan jajaran kemudian melakukan pemasangan PolHut Line di kawasan bersengketa serta memberikan sosialisasi dan mengarahkan warga yang menduduki kawasan secara ilegal untuk segera meninggalkan kawasan.

Kepala Balai juga melakukan pemantauan terhadap tanaman hasil Rehabilitasi Hutan dan Lahan yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil pemantauan tersebut Kepala Balai menemukan tanaman tersebut tumbuh dengan baik dan subur. Setelah melakukan pemantauan hasil RHL, dalam patrolinya Kepala Balai melakukan penanaman bibit di kawasan terbuka sebagai upaya merehabilitasi secara mandiri.

Pada kegiatan ini Kepala Balai TN Tesso Nilo juga mendapati adanya kegiatan perambahan oleh oknum masyarakat. Berdasarkan keterangan yang di dapat dari oknum tersebut, lokasi itu akan di jadikan sebagai pondok atau gubuk bagi para perambah melakukan aksinya. Menanggapi hal tersebut, Kepala Balai dan Tim patroli yang berada di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo memberikan teguran keras kepada yang bersangkutan untuk keluar dari kawasan. Setelah itu Kepala Balai dan jajaran kembali melakukan gerakan penanaman secara mandiri di areal tersebut sebagai upaya gerak cepat untuk pemulihan ekosistem.

Pada hari kedua pelaksanaan patroli tanggal 17 November 2021, Kepala Balai TN Tesso Nilo bersama dengan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) lakukan perobohan (penghancuran) pondok milik perambah hutan yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Tesso Nilo. Dalam perobohan ini Kepala Balai dan MMP juga membawa serta masyarakat Desa Lubuk Kembang Bunga sebagai bentuk komitmen dan kesadaran masyarakat untuk menjaga hutan. Kegiatan perobohan pondok  ini di dukung penuh oleh seluruh masyarakat yang berada di Desa Lubuk Kembang Bunga, dan berharap dapat mempertahankan hutan TN Tesso Nilo.

Kepala Balai dan jajaran mengungkapkan bahwa patroli ini merupakan kegiatan preventif yang dilaksanakan untuk mencegah terjadinya gangguan terhadap keamanan kawasan TN Tesso Nilo dan mencegah terjadinya tindak pidana kehutanan untuk menjaga keutuhan kawasan TN Tesso Nilo. Selain itu, gerakan penanaman mandiri di Kawasan SPTN Wilayah I LKB dilaksanakan dengan harapan dapat meningkatkan kehidupan generasi mendatang dan memperbaiki kualitas lingkungan menjadi lebih baik.

Leave a Reply