MONITORING DAN PENDAMPINGAN DESA BINAAN TN TESSO NILO

Berita107 views

Baserah, 24 Juni 2022 – Petugas TN Tesso Nilo telah melaksanakan monitoring dan pendampingan desa binaan di Desa Gunung Melintang, Kec. Kuantan Hilir, Kab. Kuantan Singingi.

Monitoring dan pendampingan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini terkait perkembangan kegiatan kelompok desa binaan serta kendala/permasalahan yang dihadapi. Menurut petugas Desa Gunung Melintang merupakan salah satu desa prioritas dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar TNTN. Sampai saat ini di Desa Gunung Melintang telah terbentuk 3 kelompok binaan TN Tesso Nilo.

Dalam kegiatan ini petugas berdiskusi bersama dengan Perangkat Desa, tim pemdamping dan perwakilan dari 3 kelompok Desa Gng Melintang terkait pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Perwakilan kelompok juga m eyampaikan kendala, harapan dan hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjalankan program. Petugas dan peserta yang hadir kemudian membahas solusi-solusi terkait kendala yang dihadapi dan menciptakan penyelesaian-penyelesaian dari permasalahan yang ada.

Usai melakukan diskusi petugas juga melakukan kunjungan lapangan ke kebun-kebun pinang batara dan ke kandang sapi untuk mengetahui pertumbuhan/perkembangan tanaman pinang dan kondisi sapi milik kelompok.

Petugas mengungkapkan kegiatan pemberdayaan masyarakat (Kelompok Tani Hutan) di Desa Gunung Melintang telah terlaksana dengan baik, selain itu Pemerintah Desa sangat mendukung kegiatan-kegiatan KTH di Desa Gunung Melintang. Jelas petugas, fasilitas bantuan ekonomi produktif yang diberikan untuk 3 KTH Desa Gunung Melintang telah memberikan manfaat yang nyata bagi anggota kelompok dan juga masyarakat desa. Selanjutnya pendampingan akan terus dilakukan secara intensif dalam upaya pemecahan permasalahan dan pengembangan kegiatan kelompok.

Leave a Reply