MAKSIMALKAN PERLINDUNGAN KAWASAN, BALAI TN TESSO NILO TERAPKAN PIKET PENJAGAAN

Berita60 views

Ukui, 12 September 2022 – Dalam rangka efektifitas pengelolaan serta memaksimalkan perlindungan dan penjagaan kawasan TN Tesso Nilo, Balai TN Tesso Nilo menerapkan piket penjagaan dan kegiatan patroli berkelanjutan. Piket penjagaan ini dilakukan secara bergantian oleh petugas dengan pertukaran jadwal tim setiap lima hari sekali.

Dalam piket penjagaan ini tim piket melakukan penjagaan di areal hutan alam TN Tesso Nilo. Aktifitas illegal yang ditemukan, kemudian ditindak lanjuti dan ditindak tegas berupa pemberian peringatan secara tertulis, penyitaan dan penghancuran barang illegal dan barang bukti seperti pondok perambah, kayu, dan lain sebagainya. Petugas juga melakukan pendataan kepada masyarakat yang bermukim didalam kawasan untuk diberi tindak lanjut. Selain itu petugas juga melakukan pemasangan plang informasi/larangan di areal-areal strategis seperti pintu masuk, jalan terbuka dll. Tim juga menyebarkan biji bibit tanaman kehutanan di areal terbuka sebagai upaya rehabilitasi alami kawasan. Sosialisasi kepada masyarakat juga gencar dilakukan untuk menyebarluaskan informasi mengenai larangan melakukan aktifitas illegal didalam kawasan TN Tesso Nilo.

Kepala Balai TN Tesso Nilo mengungkapkan piket penjagaan ini sangat penting dilakukan, kehadiran petugas dilapangan berperan besar untuk mencegah dan membatasi kerusakan hutan, kawasan hutan, dan hasil hutan terutama untuk mempertahankan tutupan hutan alam di TN. Tesso Nilo.

Leave a Reply