KTH BINAAN TN TESSO NILO BERHASIL, HUTAN LESTARI – MASYARAKAT SEJAHTERA

Berita496 views

Ukui, Kamis 17 Maret 2022 – Tim pendamping KTH (Kelompok Tani Hutan) Balai TN Tesso Nilo telah melakukan kegiatan monitoring dan pendampingan terhadap Desa Binaan di SPTN Wilayah  II Baserah pada Rabu 16 Maret 2022 silam. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Desa Rambahan, dihadiri oleh Kepala Desa Rambahan serta pengurus dan anggota KTH Rambahan Di Hati.

KTH yang dilakukan monitoring adalah KTH Rambahan Di Hati dimana merupakan kelompok pertama yang dibentuk di Desa Rambahan pada tahun 2019, beranggotakan 20 orang dengan komoditas jenis ternak sapi bali. Pada tahun 2019 itu pula, KTH Rambahan Di Hati telah mendapatkan bantuan ekonomi produktif berupa hewan ternak sapi sebanyak 3 ekor dengan jenis kelamin betina.

Sampai dengan tahun 2022 jumlah sapi dari KTH Rambahan hati telah berkembang biak dari yang awalnya hanya 3 ekor, menjadi 7 ekor. Kelompok ini sepakat utk melakukan sistem beternak secara angon (dilepasliarkan di hutan desa). Dengan begitu, sapi-sapi tersebut bisa mencari makan sendiri.

Namun dalam perjalananya, ternyata proses ternak angon sedikit mengalami kendala/kelemahan, diantaranya adalah anggota kelompok kesulitan untuk memantau pergerakanya. Semakin lama sapi-sapi tersebut sulit utk dikendalikan dan sulit masuk kedalam kandang. Demi mengantisipasi pergerakannya yg semakin jauh dari desa, akhirnya KTH Rambahan DI Hati memutuskan untuk menangkap nya kembali dan memasukkannya ke dalam kandang, dan secara bergantian setiap harinya anggota KTH memberi pakan ke kandang dan menjaganya secara bergiliran.

Menurut keterangan tim monitoring, dari jumlah 7 ekor, kelompok memutuskan untuk menjualnya sebanyak 3 ekor, dan uang hasil penjualanya sudah dirasakan manfaatnya oleh anggota kelompok. Saat ini jumlah ternak sapi yang di budidaya masih tersisa 4 ekor dan dalam proses dikembangbiakkan kembali.

Keberhasilan dari KTH Rambahan Di Hati ini merupakan salah satu capaian dari program Balai TN Tesso Nilo untuk membantu kesejahteraan ekonomi masyarakat desa penyangga TN Tesso Nilo. Dengan ternak hewan ini, Balai TN Tesso Nilo secara perlahan optimis bahwa tingkat ketergantungan masyarakat desa penyangga terhadap hutan dapat teralihkan.

Leave a Reply