KETATKAN PENJAGAAN KAWASAN, TIM PETUGAS TN TESSO NILO LAKUKAN PATROLI HUTAN ALAM

Berita782 views

LKB, 24 s.d 25 November 2021 – Tim petugas Balai TN Tesso Nilo telah melakukan kegiatan patroli hutan alam di area camp restorasi Resort Air Hitam Bagan Limau SPTN Wilayah I LKB.

Pada patroli hutan alam ini tim melakukan penyusuran di dalam kawasan untuk memantau dan mencegah aktifitas-aktifitas di dalam hutan yang melanggar aturan.

Saat melakukan patroli, tim menemukan bukaan areal yang diduga akan digunakan sebagai lahan perkebunan oknum masyarakat. Pada lahan yang terbuka tersebut tim melakukan penanaman bibit tanaman kehidupan sebagai upaya rehabilitasi lahan.

Dilokasi yang berbeda pula, tim bertemu dengan masyarakat yang mengelola hutan tanpa izin dan peruntukannya saat sedang membuat pondok didalam kawasan. Masyarakat tersebut mengaku bahwa ia merupakan suruhan dari orang lain yang akan membuka lahan perkebunan. Tim kemudian mengintrogasi Masyarakat tersebut dan memberi peringatan keras kepada yang bersangkutan untuk meninggalkan kawasan dan tidak melanjutkan aktifitas yang dilakukan. Tim pun telah memastikan masyarakat yang bersangkutan telah meninggalkan kawasan dengan cara melakukan iring-iringan langsung hingga keluar dari kawasan TN Tesso Nilo.

Patroli hutan alam secara berkelanjutan akan dilakukan oleh Balai TN Tesso Nilo untuk memberantas tindak pidana hutan dikawasan TN Tesso Nilo. Edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat juga akan terus diberikan untuk menanamkan pemahaman penting nya melestarikan hutan dan tidak melakukan tindakan yang akan merusak kawasan.

Leave a Reply