KEPALA SUB BAG TU TN TESSO NILO DAMPINGI PANSUS II DPRD PELALAWAN KE DIRJEN KSDAE

Berita12 views

Jakarta, 9 s.d 11 November 2022- Kepala Sub Bag TU Tesso Nilo lakukan pendampingan kepada Kunjungan Pansus II DPRD Pelalawan ke Direktorat Jenderal KSDAE, di Jakarta dan Bogor. Ka Sub Bag TU TN Tesso Nilo dan rombongan pansus II DPRD Pelalawan diterima langsung oleh Bapak Setditjen KSDAE sekaligus menyampaikan informasi terkait pelaksanaan tugas Dit KSDAE yang dalam pelaksanaan tugasnya dibantu oleh UPT yang ada di seluruh Indonesia.

Pada kegiatan pertama, rombongan melakukan pertemuan dengan Setditjen KSDAE, Dit. Ren KK, Dit. Pengelolaan KK, Dit. PJLKK, Biro Humas , dan HKT Setditjen KSDAE. Dalam pertemuan ini telah dibahas mengenai pengembangan pariwisata alam khususnya di TN Tesso Nilo dapat bermanfaat bagi masyarakat disekitar kawasan dengan memberi peluang peranan masyarakat dalam pengelolaan wisata alam.

Disampaikan bahwa Pansus II DPRD Pelalawan sebelum Ranperda Pariwisata Alam diputuskan, melalukan konsultasi dan audiensi ini dengan Ditjen KSDAE agar Ranperda yang diputuskan tidak bertentangan dengan peraturan perundangan pengembangan pariwisata alam lingkup Kementerian LHK. Ditjen KSDAE menuturkan mendukung penuh penyusunan Ranperda Pariwisata Alam di Kabupaten Pelalawan. Balai TN Tesso Nilo juga meyampaikan akan aktif dan mendukung selama proses penyusunan Ranperda ini. Setditjen KSDAE melalui HKT Setditjen KSDAE menyampaikan peraturan perundangan yang berlaku di lingkup KSDAE khususnya untuk mendukung pengembangan pariwisata alam dan pemberdayaan masyarakat di kawasan konservasi.

Selanjutnya pada kegiatan kedua, rombongan melakukan pertemuan dengan Direktur PJLKK, dan Subdit Promosi. Pada pertemuan ini tim Pansus diterima Direktur PJLKK, sekaligus menyampaikan informasi Tupoksi Dit PJLKK. Tim Pansus II menyampaikan maksud kedatangan adalah untuk koordinasi, konsultasi sekaligus meminta bahan-bahan terkait aturan perundangan yang berhubungan dengan pariwisata alam yang nantinya dijadikan sebagai pedoman dalam menyusun Ranperda Pariwisata Alam.

Direktur PJLKK memberikan masukan kepada Pansus II agar menambahkan 1 klausul dalam Ranperda berupa mengusulkan pembentukan Badan Usaha di Tingkat Desa yang nanti berfungsi sebagai pihak yang mengusulkan perizinan jasa pengelolaan pariwisata alam ke Kementerian LHK, Izin dimaksud nantinya akan diproses di Dit PJLKK. Direktur PJLKK menyampaikan harapan agar Ranperda Pariwisata Alam dapat memberikan manfaat kepada masyarakat disekitar kawasan TN Tesso Nilo. Direktur PJLKK juga mengapresiasi dan mendukung Ranperda Pariwisata Alam di Kabupaten Pelalawan.

Kegiatan terakhir, rombongan melakukan pertemuan dengan Subdit Promosi Wisata Alam di Bogor, pada hari Jumat 11 November 2022. Pertemuan dilaksanakan di ruang rapat Dit PJLKK Lantai 2 Gedung KSDAE Jalan Juanda 15 Bogor. Subdit Promosi Wisata Alam yang mewakili Dit PJLKK menyampaikan aturan perundangan terkait pariwisata alam dan pemberdayaan masyarakat disekitar kawasan konservasi. Subdit Promosi Wisata Alam mendukung proses penyusunan Ranperda Pariwisata Alam dengan memberikan dokumen aturan perundangan tentang pariwisata alam dan pemberdayaan masyarakat disekitar kawasan konservasi kepada Pansus II yang diterima oleh Ketua Pansus II DPRD Pelalawan.

Dari pendampingan ini, Balai TN Tesso Nilo berharap proses penyusunan Ranperda Pariwisata Alam TN Tesso Nilo berjalan dengan lancar dan membawa kemajuan bagi ekowisata TN Tesso Nilo nantinya.