KEPALA BALAI TN TESSO NILO JADI NARASUMBER DIALOG RIAU CEMERLANG – TVRI RIAU BAHAS EKOWISATA DAN EKONOMI KEBERLANJUTAN

Berita61 views

Pekanbaru, 7 September 2022 – Kepala Balai TN Tesso Nilo Heru Sutmantoro, S.Hut, M.M bersama dengan anggota DPRD Kabupaten Pelalawan H. Sunardi, S.H jadi narasumber talkshow program Dialog Riau Cemerlang – TVRI Riau dengan tema “Taman Nasional Tesso Nilo mendukung ekonomi berkelanjutan”.

Dalam talkshow ini Kepala Balai TN Tesso Nilo menjelaskan mengenai TN Tesso Nilo secara garis besar, serta potensi-potensi ekowisata yang terdapat di TN Tesso Nilo. Kepada pemirsa talkshow, Anggota DPRD Pelalawan Sunardi, SH ungkapkan dukungan terhadap TN Tesso Nilo dalam mengelola wisatanya, selaras dengan yang disampaikannya, “Kami dari DPRD Pelalawan mendukung penuh pengelolaan wisata TN Tesso Nilo, dimana ini termasuk daya tarik paling besar yang Pelalawan Miliki, kami siap untuk berkolaorasi dengan Balai TN Tesso Nilo dalam mengambangkan potensi wisata yang dimiliki” terang Sunardi. “TN Tesso Nilo memiliki daya tarik sendiri, kita memiliki 10 ekor gajah binaan dan atraksi adat yang jadi daya tarik dan menunjang kegiatan wisata” jelas Kepala Balai.

Kepala Balai TN Tesso Nilo menyampaikan terdapat desa-desa disekitar TN Tesso Nilo yang dibina untuk berkontribusi secara positif dalam terhadap ekonomi berkelanjutan terkait dengan wisata. Dalam kontribusi yang disebutkan, masyarakat ikut serta dalam mempertahankan dan menyelamatkan hutan TN Tesso Nilo.

Dalam hal mendukung ekonomi berkelanjutan yang dibahas, masyarakat desa sekitar kawasan berperan menjadi pemberi jasa wisata, pemandu wisata, penyediaan masakan tradisional, kios dan berbagai hal lainnya. Kepala Balai juga menyampaikan beragamnya kekayaan adat istiadat dari masyarakat sekitar kawasan juga dapat menjadi daya tarik utama wisatawasan seperti halnya atraksi memanen madu sialang (manumbai), silat, dan lain sebagainya.

Kepala Balai mengungkapkan TN Tesso Nilo tidak bisa berdiri sendiri, dalam pengelolaannya TN Tesso Nilo membutuhkan peran dari masyarakat, mitra, Pemerintahan, Legislatif, Eksekutif dan pihak-pihak lainnya. Saat ini berkat dari bantuan DPRD Pelalawan, areal Flying Squad TN Tesso Nilo sedang proses pemasangan tiang listrik. Pamasangan dari tiang listrik ini diharapkan dapat menunjung kegiatan wisata di TN Tesso Nilo.

Leave a Reply