GIATKAN PATROLI HUTAN ALAM TN TESSO NILO, PETUGAS SPTN WILAYAH I LKB LAKUKAN PENANAMAN DI AREAL TERBUKA

Berita249 views

LKB, 27 s.d 28 November 2021 –  Dalam mengantisipasi dan menertibkan gangguan keamanan di areal kawasan SPTN Wilayah I LKB TN Tesso Nilo dari aktifitas tindak pidana hutan, petugas SPTN Wilayah I LKB giatkan kembali patroli hutan alam kawasan TN Tesso Nilo khususnya areal camp restorasi Resort Lancang Kuning Air Sawan.

Patroli hutan alam dilaksanakan oleh 9 (Sembilan) orang personil dari Polhut, Pengendali Ekosistem Hutan dan PPNPN TN Tesso Nilo. Berdasarkan keterangan dari petugas, pada hari pertama patroli tim menemukan lahan terbuka yang diduga akan dijadikan lahan perkebunan oleh oknum masyarakat.  Mendapati lahan terbuka tersebut, tim kemudian melakukan penanaman tumbuhan kehidupan pada areal tersebut sebagai upaya penghijauan kembali.

Pada hari kedua tim melanjutkan patroli, diperjalanan tim menemukan kayu olahan ditepi jalan yang diduga hendak dilansir sekitar 5 batang papan, namun tim tidak menemukan orang disekitar sehingga tidak mendapatkan informasi tentang siapa pemilik kayu tersebut.  Untuk memberi efek jera, barang bukti berupa kayu olahan papan tersebut kemudian dihancurkan oleh tim ditempat.

Selain berpatroli di Resort Lancang Kuning Air Sawan, tim juga melakukan penyisiran dilokasi Resort Air Hitam Bagan Limau. Tim melakukan penanaman di sepanjang jalan menuju flying squad dan kembali menemukan adanya titik bukaan di dalam kawasan. Pada titik areal resort Air Hitam Bagan Limau tim melakukan penanaman dengan jumlah 110 batang tanaman dibeberapa lokasi berbeda.

Kegiatan patroli hutan alam ini dilakukan untuk meningkatkan perlindungan dan pengamanan kawasan TN Tesso Nilo. Patroli yang dilaksanakan secara rutin diharapkan dapat berdampak terhadap kelestarian hutan alam TN Tesso Nilo. Petugas Balai TN Tesso Nilo juga memberi himbauan kepada stakeholder dan masyarakat untuk bersama dalam menjaga hutan alam dari kerusakan yang disebabkan oleh tindak kejahatan manusia.

Leave a Reply