DISELA PATROLI KARHUT, TIM PETUGAS SPTN WILAYAH II BASERAH TN TESSO NILO LAKUKAN SOSIALISASI KEPADA MASYARAKAT

Berita505 views

Baserah, Rabu, 17 November 2021, Sebagai upaya dalam memantau dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kawasan TN Tesso Nilo, Petugas SPTN Wilayah II Baserah melaksanakan kegiatan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan di SPTN Wilayah II Baserah.  Kegiatan patroli pencegahan karhutla ini dilaksanakan oleh anggota Resort Situgal yang terdiri dari POLHUT dan PPNPN.

Dalam pelaksanaan patroli, tim juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di dalam kawasan TN Tesso Nilo. Dalam diskusi ini tim petugas memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang program kemitraan konservasi yang di gagas pemerintah dalam rangka memulihkan kembali ekosistem hutan yang rusak di kawasan TN Tesso Nilo.

Selain itu, sebagai upaya dalam pendekatan personal kepada masyarakat tersebut,  Tim juga hadir dalam aktifitas pemilu di wilayah Kecamatan Langgam dalam rangka pemilihan kepala Desa Segati dan Gondai. Turut serta dan hadir dalam kegiatan desa penyangga tersebut merupakan salah satu rangkaian dan cara petugas untuk membaur dan merangkul masyarakat dalam pengelolaan kawasan TN Tesso Nilo.

Patroli disudahi oleh tim dengan melakukan kegiatan penanaman secara mandiri diareal – areal bekas kebakaran hutan untuk merehabilitasi lahan. Adapun bibit yang ditanam adalah jenis gaharu, jengkol dan petai. Disampaikan oleh petugas, patroli berjalan dengan lancar dan tanpa kendala dan selama kegiatan patroli ini tim tidak menemukan titik FireSpot.

Leave a Reply