BRIGDALKARHUT TN TESSO NILO DAN TIM GABUNGAN PADAMKAN API KARHUTLA DI TN TESSO NILO

Berita153 views

LKB, Jumat 04 Maret 2022 – Tim gabungan yang terdiri dari Brigdalkarhut TN Tesso Nilo, Personil TNI, Personil Polri, MPA Desa LKB, dan personil dari PT. RAPP melakukan pemadaman karhutla yang terjadi di area kenayang Resort Lancang Kuning Air Sawan, SPTN Wilayaj I LKB.

Pemadaman api dilakukan setelah Brigdalkarhut mendapat laporan dari masyarakat pada pukul 17.50 WIB bahwa telah terdeteksi kebakaran di area tersebut. mendapatkan laporan itu, secara sigap tim langsung melakukan persiapan ground check dan tiba dilokasi pada pukul 18.45 WIB.

Sesampainya di TKP yang dimaksud, tim langsung melakukan pemadaman secara manual dibantu oleh masyarakat hingga api padam total. Kemudian tim meninggalkan TKP setelah memastikan sudah tidak ada titik api di lokasi kebakaran.

Untuk berjaga-jaga dan mencegah api kembali menyala, keesokan harinya pada Sabtu tanggal 05 Maret 2022, tim kembali melakukan pengecekan dan pendinginan terhadap sisa-sisa api tunggul. Api sudah dipastikan padam total dan tim lalu kembali pulang.

Selain tetap bersiaga untuk mencegah kebakaran kembali terjadi, petugas TN Tesso Nilo menghimbau masyarakat untuk tidak membakar kawasan hutan untuk kepentingan apapun, karena membakar kawasan Taman Nasional adalah perbuatan melanggar hukum dan akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Masyarakat juga diminta untuk melaporkan kepada petugas jika melihat atau mengetahui adanya kebakaran atau indikasi pembakaran hutan.

Leave a Reply