BALAI TN TESSO NILO KEMBALI TERIMA PENYERAHAN SATWA LIAR DARI MASYARAKAT

Berita93 views

Pangkalan Kerinci, 24 Agustus 2022 – Kesadaran masyarakat mengenai status perlindungan satwa kian hari semakin meningkat, hal ini menunjukkan rasa peduli masyarakat terhadap kelestarian satwa liar dihabitat aslinya sangat tinggi. Balai TN Tesso Nilo mencatat pada Selasa 23 Agustus 2022, dua orang masyarakat Desa Makmur, sp.6 Pangkalan Kerinci, Pelalawan mendatangi kantor Balai TN Tesso Nilo untuk menyerahkan satu ekor satwa Kukang (Nycticebus coucang) kepada petugas.

Satwa kukang yang diserahkan dikatakan berasal dari pemberian seorang kerabatnya pada beberapa hari sebelum mendatangi kantor balai. Menyadari satwa tersebut bukanlah satwa yang umum dipelihara, mesyarakat tersebut kemudian mencari tahu apakah satwa kukang ini dilindungi atau tidak. Setelah mengetahui status perlindungan dari kukang, masyarakat tersebut langsung menghubungi petugas TN Tesso Nilo sebagai instansi yang diketahui memiliki mandat penyelamatan tumbuhan dan satwa di Taman Nasional Terdekat

Petugas mengidentifikasi kukang tersebut masih berusia anakan dan berjenis kelamin jantan. Setelah melengkapi berkas administrasi dan Berita Acara, petugas kemudian menerima satwa secara resmi. Selanjutnya satwa kukang yang diserahkan, dalam waktu dekat akan dilepasliarkan ke dalam kawasan TN Tesso Nilo untuk kembali hidup bebas dihabitat aslinya.

Lebih lanjut, Balai TN Tesso Nilo sangat menghargai dan mengapresiasi masyarakat yang telah memiliki kesadaran untuk menyerahkan satwa yang dilindungi undang-undang kepada petugas terkait dan tidak memelihara satwa tersebut. Kedepannya Balai TN Tesso Nilo berharap kesadaran masyarakat mengenai kelestarian dan perlindungan satwa liar semakin tinggi lagi.

Leave a Reply