24 JAM LAKUKAN PIKET PENJAGAAN HUTAN, PETUGAS SOSIALISASIKAN POLA PENGELOLAAN KE MASYARAKAT SEKITAR

Berita56 views

LKB, Rabu, 5 Oktober 2022 – Piket penjagaan hutan alam TN Tesso Nilo terus digiatkan setiap harinya, tim petugas TN Tesso Nilo sebanyak 10 bertugas 24 jam menjaga hutan. tim kali ini melakukan patroli di hutan alam tepatnya Resort Air Hitam Bagan Limau, SPTN Wilayah I LKB.

Pada piket penjagaan kali ini tim menemukan tumpukan kayu iilegal loging di daerah AM Resort Air Hitam Bagan Limau. Tim menelusuri kedalam hutan untuk mencari pelaku illegal loging tersebut namun pelaku tidak dijumpai. Tim mencoba untuk mrncari pelaku dengan patroli dan memantau dijalau utama keluar dari lokasi tersebut.

Dalam perjalanan patroli tim didatangi oleh warga sekitar berjumlah sekitar 40 orang. Tim melakukan dialog dan sosialisasi kepada warga terkait pengelolaan dan himbauan untuk menjaga keutuhan hutan alam TN Tesso Nilo. Pada malam harinya pertemuan dan sosialisasi dilanjutkan di kediaman Ketua RT.13 AM di Desa Air Hitam. Pada pertemuan ini tim  kembali menjelaskan tentang arah pengelolaan kawasan TN Tesso Nilo kedepan. Tim meminta kepada Ketua RT agar bersama-sama menjaga kawasan hutan dan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaganya.

Petugas TN Tesso Nilo menyampaikan akan kembali melakukan penguatan komitmen oleh para pihak-pihak dalam menyelamatkan hutan alam tersisa yang diikuti dengan implementasi dilapangan. Upaya pengamanan pada wilayah-wilayah tersebut akan terus ditingkatkan untuk mencegah tindakan illegal pengrusakan hutan.

Leave a Reply