by

GAJAH LIAR MASUK KEBUN MASYARAKAT, TIM MITIGASI KONFLIK SATWA SPTN WILAYAH II BASERAH LAKUKAN PATROLI SATWA

SPTN Wil. II Baserah, 16 November 2021 – Tim mitigasi konflik gajah SPTN Wilayah II Baserah kembali turun ke kawasan TN Tesso Nilo untuk melaksanakan patroli satwa liar. Patroli satwa liar kali ini dilaksanakan sehubungan dengan laporan dari masyarakat Desa Gunung Melintang dan masyarakat Teratak Baru bahwa adanya aktifitas gajah liar yang berada di sekitaran kebun milik masyarakat.

Mendapatkan laporan tersebut tim kemudian melakukan pantauan langsung di area yang dilaporkan. Pada lokasi tersebut tim tidak menemukan keberadaan gajah tersebut dan diduga sudah meninggalkan kebun milik masyarakat. Namun dilokasi yang dilaporkan tim telah mengidentifikasi jejak dan menyisir bekas keberadaan gajah liar.

Dari hasil pentauan dan keterangan masyarakat, gajah liar tersebut berjumlah 2 (dua) ekor dengan jenis kelamin betina dewasa dan betina anak. Kesaksian dari masyarakat menyebutkan sebelumnya gajah liar tersebut pernah memasuki areal kebun milik masyarakat sekitar satu minggu yang lalu namun sudah digiring dan diusir, akan tetapi pada tanggal 16 November 2021 sore gajah tersebut kembali memasuki areal kebun milik masyarakat.

Saat ini masyarakat Desa Gunung Melintang dan Desa Teratak Baru melakukan kegiatan penjagaan di sekitar kebun sawit milik masyarakat untuk berjaga-jaga jika gajah liar kembali memasuki kebun masyarakat. Tim mitigasi konflik gajah SPTN Wilayah II Baserah juga memberikan edukasi serta arahan kepada masyarakat yang berjaga tentang cara bagaimana mengusir dana menggiring gajah liar kembali masuk ke dalam kawasan dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat mencederai gajah tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed