by

BELAJAR PENANGANAN KONFLIK TENURIAL DAN PENGEMBANGAN WISATA, TN TESSO NILO KUNJUNGI TN BALURAN

Baluran, Selasa, 26 Oktober 2021 – Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas SDM Pegawai TN Tesso Nilo, TN Tesso Nilo melaksanakan kunjungan ke Taman Nasional Baluran. Kunjungan pegawai TN Tesso Nilo ini dilaksanakan dengan tujuan belajar mengenai penanganan konflik tenurial serta pengembangan wisata yang ada di Taman Nasional Baluran.

Kepala Balai Taman Nasional Baluran menyambut hangat kedatangan pegawai TN Tesso Nilo serta mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan. Usai penyambutan resmi, Taman Nasional Baluran memberikan pemaparan terkait Penyelesaian konflik Tenurial yang dilakukan di Taman Nasional Baluran.

Disampaikan oleh pegawai TN Tesso Nilo yang hadir, diketahui ada 3 fokus penyelesaian konflik tenurial di Taman Nasinal Baluran yaitu Tanah Gentong, Labuhan Merak dan Translok AD. Opsi solusi penyelesaian permasalahan yang disampaikan diantaranya dengan melakukan pendataan, pendampingan dan penyuluhan kepada masyarakat yang berada di dalam kawasan, melakukan pendataan sosial ekonomi, membuat kandang komunal peternakan sapi di Labuhan Merak sebagai prototipe (peternakan intensif), melakukan koordinasi multipihak, dan penandatanganan PKS penguatan fungsi kawasan dengan Dinas PUPR.

Dari pemaparan yang dilakukan, pegawai TN Tesso Nilo dan Taman Nasional Baluran kemudian berdiskusi santai mengenai penanganan konflik tenurial serta pengembangan wisata. Kegiatan belajar berjalan dengan lancar dan saling tukar pikiran antar TN Tesso Nilo dan Taman Nasional Baluran. Kegiatan terakhir, Pegawai TN Tesso Nilo diajak untuk melakukan kunjungan ke Resort Bama Taman Nasinal Baluran untuk melihat langsung pengelolaan dan fasilitas ekowisata Taman Nasional Baluran.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed