by

MONITORING DAN PENDAMPINGAN KELOMPOK DESA BINAAN – DESA GUNUNG MELINTANG

Baserah – 27 s.d 29 September 2021- Penyuluh Kehutanan TN Tesso Nilo bersama dengan kepala Resort Onangan Nilo dan PPNPN SPTN Wil II Baserah laksanakan pendampingan kelompok Desa Binaan di Desa Gunung Melintang

Tujuan monitoring dan pendampingan adalah untuk mengetahui informasi terkini terkait perkembangan kegiatan kelompok desa binaan serta kendala/permasalahan yang dihadapi.

Desa Gunung Melintang merupakan salah satu desa yang berbatasan dengan kawasan TN Tesso Nilo dan juga menjadi salah satu dari 7 desa prioritas dalam program kemitraan konservasi pemberdayaan masyarakat.

Sampai dengan saat ini di Desa Gunung Melintang telah terbentuk 3 kelompok binaan TN Tesso Nilo yaitu :

  1. KTH Maju Bersama : dibentuk pada tahun 2012 dengan jumlah anggota sebanyak 29 orang, bidang kegiatan budidaya/ternak sapi.
  2. KTH Pinang Balirik : dibentuk pada tahun 2018 dengan jumlah anggota sebanyak 15 orang, bidang kegiatan budidaya pinang betara.
  3. KTH Perempuan Kreatif Bersama (PKB) : dibentuk pada tahun 2020 dengan jumlah anggota sebanyak 15 orang, bidang kegiatan anyaman pandan dan keterampilan menjahit.

Kepada KTH, petugas memonitoring dan mengevaluasi program yang telah berjalan dengan memberikan arahan serta solusi kepada permasalahan atau kendala yang dihadapi.

Dari hasil monev petugas menyampaikan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat KTH di Desa Gunung Melintang telah terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan kemitraan konservasi. Selanjutnya pendampingan secara intensif dalam upaya pemecahan permasalahan kelompok.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *