by

PUDING SPESIAL UNTUK SI HEWAN BESAR

LKB, Jumat 24 Agustus 2021 – Gajah jinak flying squad TN Tesso Nilo ada untuk mencegah dan mengurangi konflik satwa dan manusia serta memberdayakan gajah jinak terlatih. Untuk mewujudkan itu semua gajah-gajah jinak tentu harus memiliki tubuh dan stamina yang sehat. Dalam menjaga stamina para gajah jinak, para mahout flying squad selalu melatih dan merawat gajah salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan setiap hari.

Salah satu upaya agar gajah tetap dalam kondisi sehat, para mahout membuat makanan tambahan berupa pudding yang dikonsumsi gajah secara rutin. Kali ini mahout dan Mahasiswa PKL Universitas Riau bersama-sama membuat dan memasak puding khusus untuk para gajah. Puding yang dibuat merupakan makanan tambahan gajah berbahan dasar jagung giling, dedak, gula aren, garam mineral serta gula. Semua bahan kemudian dihaluskan, digodok kemudian dimasak dengan tungku berapi sedang.

Puding direbus dan dimasak selama beberapa jam sampai semua bahan menyatu dan padat. Setelah padat puding yang telah jadi akan dibentuk kepalan-kepalan bulat agar mudah dimakan oleh para gajah jinak. Puding diberikan kepada gajah jinak paling tidak sebanyak dua kali dalam satu minggu untuk terus menjaga dan meningkatkan stamina dan energi dari gajah. Campuran garam mineral pada puding juga diberikan untuk pertumbuhan tulang gajah agar senantiasa kuat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed