by

GAJAH LIAR KELUAR DARI KAWASAN, PETUGAS SIAGA DAN GIATKAN PATROLI SATWA

Baserah, Kamis 15 s.d 16 September 2021 – Tim patroli satwa SPTN Wilayah II Baserah telah melaksanakan kegiatan patroli satwa dalam rangka monitoring gajah Sumatera di SPTN Wilayah II Baserah TN Tesso Nilo.

Kegiatan patroli dilakukan setelah mendapatkan laporan dari pihak RAPP tentang adanya aktifitas gajah liar yang terdeteksi berada didalam konsesinya.

Mendapatkan aduan tersebut tim SPTN Wilayah II Baserah dengan sigap langsung menuju lokasi yang dilaporkan untuk memantau keberadaan gajah liar. Namun sesampainya ditempat ternyata gajah yang sebelumnya terlihat sudah tidak berada dilokasi yang disebutkan.

Dari hasil pantauan dilapangan dan wawancara dengan saksi disekitar kawasan, tim petugas mengetahui gajah liar tersebut berjumlah 2 ekor dengan jenis kelamin jantan dewasa.

Tim melaporkan saat ini petugas dibantu oleh masyarakat untuk berjaga-jaga disekitar lokasi. Guna mengantisipasi, masyarakat telah membuat titik-titik api disekitar batas perkebunan dan hutan untuk menghalau gajah-gajah tersebut masuk kedalam perkebunan.

Disamping itu tim petugas juga memberi edukasi serta arahan kepada masyarakat yang berjaga untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mencederai kawasan gajah liar serta terus memberi informasi kepada petugas. Sampai demgan saat ini tim masih terus memantau hingga gajah liar dipastikan telah meninggalkan perkebunan dan masuk kembali ke habitatnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed