by

Kesepakatan Konservasi Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Binaan di SPTN II Baserah

Baserah, 30 Agustus 2021 – Tim Balai TN Tesso Nilo melakukan koordinasi ke Camat Logas Tanah Darat terkait program pemberdayaan masyarakat desa binaan di wilayah kerja SPTN 2 Baserah. Pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk mengembangkan kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan cara memberikan bantuan hibah, meningkatkan pengetahuan dan pendampingan kth, serta pemanfaatan sumber daya alam dan SDM di sekitar wilayah desa binaan.

Bersama dengan Bapak Rian Fitra (Camat Logas Tanah Darat, Kab. Kuansing). Beliau menyampaikan ucapan terimakasih yg sebesar-besarnya untuk Balai TN. Tesso Nilo yg telah memberikan bantuan ekonomi produktif bagi 2 Desa yg ada di wilayah Kecamatan Logas Tanah Darat yakni Desa Rambahan dan Desa Situgal. Dengan harapan agar program bantuan ekonomi dapat berjalan kontinu dan memberikan hasil berupa peningkatan penghasilan bagi kedua KTH yg dibentuk.

Bantuan ekonomi produktif ini sudah berjalan sejak tahun 2019 dan telah memberikan dampak positif. Perkembangan saat ini, KTH Rambahan di Hati-Desa Rambahan yang telah memiliki 3 ekor sapi (yg diberikan pada tahun 2019) saat ini sudah berkembang menjadi 4 ekor. Sementara itu, KTH Maju Basamo-Desa Situgal telah memiliki perkembangan dari 8000 kecambah bibit pinang yg di semai di tahun 2019, saat ini sudah terdistribusi dan tertanam seluruhnya di lingkungan Desa. Semoga program bantuan ekonomi yang diberikan dapat memberikan hasil yg terbaik bagi kelompok dan dapat menjadi contoh bagi desa lain.

Pada hari yang sama tim juga berkoordinasi dengan Kepala Desa Rambahan dan Kepala Desa Situgal terkait dukungan dari Pemerintah Desa terhadap pengelolaan TN Tesso Nilo dan bersama-sama Balai melaksanakan pendampingan terhadap kelompok masyarakat di masing-masing desa secara berkelanjutan dalam hal pengembangan kelompok dan pelaksanaan kegiatan kelompok.

Dukungan dan komitmen ini dituangkan dalam dokumen Kesepakatan Konservasi yang ditandatangani oleh Kepala Desa selaku Pemerintah Desa dan Kepala Balai TN Tesso Nilo selaku pengelola kawasan. Dari Kesepakatan Konservasi ini diharapkan dapat membangun rasa saling percaya demi tercapainya kesejahteraan masyarakat desa dan kelestarian kawasan TN Tesso Nilo.

Pemerintah daerah (Camat LTD dan Kepala Desa) sangat mendukung program pemberdayaan masyarakat dan berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Balai TN Tesso Nilo. Harapan Pemerintah Desa, semoga pihak Balai TN Tesso Nilo dapat mempertimbangkan untuk memberikan bantuan bagi kelompok kth lainnya yang tinggal di desa Rambahan dan Situgal dan desa-desa lain terutama di Kecamatan Logas Tanah Darat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed