by

PATROLI PENCEGAHAN KONFLIK SATWA OLEH MAHOUT DAN GAJAH JINAK FLYING SQUAD TN TESSO NILO

LKB, Sabtu, 21 Agustus 2021 – Tim Elephant Flying Squad TN Tesso nilo melakukan patroli pencegahan konflik satwa di kawasan TN Tesso Nilo SPTN Wilayah I LKB.

Dalam kegiatannya tim membawa serta 2 gajah jinak Flying Squad TN Tesso Nilo untuk membantu mencegah terjadinya konflik satwa, selain itu kegiatan ini dimaksudkan untuk membiarkan gajah menjelajah seperti gajah liar pada umumnya. Sejauh melaksanakan patroli tim tidak menemukan tanda-tanda satwa yang keluar dari kawasan hutan TN Tesso Nilo.

Gajah merupakan mamalia darat paling besar yang hidup pada zaman ini, sehingga membutuhkan wilayah jelajah yang sangat luas. Ukuran wilayah jelajah gajah Asia bervariasi antara 32,4 – 166,9 km2. Wilayah jelajah unit-unit kelompok gajah di hutan-hutan primer mempunyai ukuran dua kali lebih besar dibanding dengan wilayah jelajah di hutan-hutan sekunder.

Secara alami gajah melakukan penjelajahan dengan berkelompok mengikuti jalur tertentu yang tetap dalam satu tahun penjelajahan. Jarak jelajah gajah bisa mencapai 7 km dalam satu malam, bahkan pada musim kering atau musim buah-buahan di hutan mampu mencapai 15 km per hari. Kecepatan gajah berjalan dan berlari di hutan (untuk jarak pendek) dan di rawa melebihi kecepatan manusia di medan yang sama. Fakta tersebut merupakan salah satu alasan patroli pencegahan konflik gajah rutin dilakukan oleh tim untuk meminimalisir kemungkinan gajah keluar dari jalurnya,
Jadi Yuk bersama-sama tetap lindungi rumah buat satwa besar kita.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *