by

DETEKSI HOTSPOT, BRIGDALKARHUT TN TESSO NILO CEK KAWASAN TENGAH MALAM

Baserah, Rabu 28 Juli 2021 – Tim Brigdalkarhut TN Tesso Nilo yang sedang melakukan pemantauan rutin melalui satelit di posko kebakaran SPTN Wilayah II Baserah, mendapati terdapat titik hotspot dikawasan hutan. Hotspot yang terdeteksi itu kemudian langsung dilakukan pengecekan oleh tim langsung kelapangan di Resort Situgal SPTN Wilayah II Baserah.

Pada saat berada dilokasi terpantau, tim mendapati terdapat lahan seluas lebih kurang 2 Hektar dengan kondisi terbakar, dan tim pun langsung berusaha memadamkan bara api pada sisa tunggul bekas kebakaran. Kebakaran diduga dilakukan oleh oknum yang ingin membuka lahan perkebunan, namun pelaku sudah kabur dan tidak ditemukan dilokasi kebakaran.

Setelah memastikan api telah padam, tim brigdalkarhut mengungkapkan bahwa akan kembali melakukan groundcek untuk memantau kembali lokasi kebakaran. Selain itu tim juga berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Desa Kesuma Polsek Pangkalan Kuras untuk melakukan penyelidikan dan mencari pelaku pembakaran.

Tim Brigdalkarhut TN Tesso Nilo menghimbau seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga hutan alam dan tidak membakar maupun membuka lahan perkebunan di kawasan TN Tesso Nilo. Perbuatan membakar hutan merupakan hal yang dilarang. Bagi orang yang sengaja melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (3) huruf d Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan yaitu membakar hutan (termasuk taman nasional), diancam dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp 5 miliar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed