by

BERANTAS TIPIHUT, BTN TESSO NILO INTENSIFKAN PATROLI

Lancang Kuning Air Sawan, Kamis 6 Mei 2021 – Petugas Balai TN Tesso Nilo kembali melaksanakan kegiatan patroli di kawasan hutan TN Tesso Nilo. Pada patroli kali ini petugas dengan jumlah 7 orang berkegiatan di Resort Lancang Kuning Air Sawan SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga.

Pada patroli yang dilaksanakan petugas menyampaikan legiatan tersebut fokus kepada tindak pidana hutan yang sedang marak terjadi.

Dari hasil patroli petugas menemukan titik illegal loging dengan 8 tumpukan kayu yang telah diolah. Kayu olahan tersebut berasal dari berbagai jenis pohon dan diolah menjadi papan dan broti. Pelalu illegal loging tidak ditemukan di lokasi.

Tidak main-main, pada lokasi penemuan tim langsung memusnahkan setiap temuan kayu olahan tersebut dengan cara memotong dengan chainsaw ukuran 80 cm agar hilang nilai ekonomis dari papan olahan tersebut. Pemusnahan dilakukan untuk menimbulkan efek jera bagi para pelaku illegal logging.

Setelah itu tim lalu memasang spanduk peringatan di setiap lokasi temuan tumpukan kayu sebagai upaya memberikan peringatan/himbauan.

Petugas memyampaikan bahwa patroli serupa akan dilaksanakan secara intensif agar tindak pidana hutan di kawasan TN Tesso Nilo dapat dihilangkan. Para pelaku tindak pidana hutan juga akan diusut dengan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *