by

TIM PEMBINAAN HABITAT TN TESSO NILO TANAM 1000 BATANG BIBIT

Baserah, 28 April s/d 2 Mei 2021 – Tim pembinaan habitat TN Tesso Nilo bersama dengan masyarakat melaksanakan penanaman bibit tanaman lokal dalam rangka pembinaan habitat di SPTN Wilayah II Baserah Resort Situgal.

Tim menyampaikan bibit yang di taman berjumlah 1.000 batang dan merupakan tanaman spesies lokas seperti petai, jengkol, nangka, gaharu, dan cimpedak hutan.

Pembinaan Habitat ini merupakan kegiatan keteknisan sebagai bentuk kepedulian pengelola dalam upaya menjaga keseimbangan ekosistem suatu habitat, pembinaan habitat merupakan salah satu pengelolaan kawasan secara lestari yamg bermanfaat untuk sarwa, tumbuhan maupun manusia itu sendiri.

Selain itu kegiatan ini memiliki beberaoa tujuan diantaranya untuk revitalisasi areal hutan yang rusak, pengkayaan jenis tanaman lokal yang berfungsi sebagai sumber pakan bagi satwa , menaikkan kualitas tempat hidup satwa agar dapat hidup layak dan berkembang, serta mengedukasi masyarakat sekitar untuk bersama-sama mengelola kawasan dengan arif dan bijak khususnya di areal-areal dgn tingkat konflik yg cukup tinggi.

Setelah selesai melakukan penanaman, pada lokasi yang telah ditanami tanaman lokal ini di pasang papan pemberitahuan untuk diketahui bersama oleh masyarakat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *