by

PETUGA SPTN WILAYAH II BASERAH TN TESSO NILO TANGANI KONFLIK SATWA DI DESA PENYANGGA

Baserah, Senin, 29 Maret 2021 – Petugas SPTN Wilayah II Baserah melakukan kegiatan penanggulangan konflik satwa di desa penyangga SPTN Wilayah II Baserah.

Kegiatan penanggulangan konflik ini dilakukan setelah petugas SPTN Wilayah II Baserah mendapat laporan dari masyarakat akan adanya rombongan gajah liar yang memasuki lahan sawit masyarakat di desa penyangga SPTN Wilayah II Baserah TN Tesso Nilo

Dari laporan tersebut tim berkoordinasi dengan Kepala SPTN Wilayah II Baserah Bapak Ibram Eddy Candra, S.Hut, M.Sc dan YTNTN untuk turun bergerak menuju lokasi yang dilaporkan terdapat rombongan gajah liar.

Hasil pengecekan awal di lokasi pasa Selasa 30 Maret 2021, tim menjumpai beberapa bekas aktifitas baru kelompok gajah di dalam kebun sawit masyarakat tepat pada lokasi keberadaan kelompok gajah-gajah yang dilaporkan berada di sekitar desa penyangga SPTN Wilayah II Baserah TN Tesso Nilo.
Sampai dengan saat ini, tim bersama dengan masyarakat masih berusaha menggiring kelompok gajah tersebut masuk kembali ke dalam hutan dengan menggunakan petasan/mercon serta meriam karbit yang dibawa untuk menghalau gajah. Selain upaya tersebut, tim juga melakukan penjagaan di lokasi-lokasi yang diperkirakan menjadi titik keluar masuknya gajah ke kebun masyarakat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed