by

MITIGASI KONFLIK SATWA LIAR, TN TESSO NILO SERAHKAN BANTUAN ALAT MERIAM

GN. Melintang, 19 Maret 2021 – Sebagai upaya mitigasi konflik satwa liar terutama Gajah sumatera di kawasan TN Tesso Nilo, SPTN Wilayah II Baserah Balai TN Tesso Nilo, memberi dan menyerahkan bantuan ke masyarakat Desa Gunung Melintang berupa peralatan untuk membuat meriam karbit dan meriam spritus sebanyak 10 buah alat.

Meriam tersebut merupakan alat yang digunakan dalam pengusiran dan penggiringan gajah liar untuk masuk kembali kedalam kawasan hutan. Batuan diserahkan oleh petugas SPTN Wilayah II Baserah kepada Sekdes Gunung Melintang Bapak Meizul Effendi.

Setelah menerima bantuan, sebagai satu bentuk kerja tim, tim mitigasi konflik gajah yang terdiri dari Balai TN TN, serta masyarakat Desa GN. Melintang dan BBKSDA Riau Bidang Rengat langsung melakukan pembuatan meriam-meriam karbit/spritus.

Setelah selesai , masyarakat yang berjaga malam dibekali dengan meriam-meriam ini, dan akan disebar dibeberapa titik diantaranya adalah di kebun-kebun masyarakat yg berbatasan dengan kawasan hutan. Penyerahan bantuan alat ini merupakan tindaklanjut dari upaya petugas yang beberapa hari terakhir tengah menangani konflik gajah liar yang masuk ke perkebunan masyakarat. Sampai saat ini monitoring masih dilaksanakan oleh petugas dan tim mitigasi konflik satwa liat TN Tesso Nilo

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *