by

Balai TN Tesso Nilo Bersama Badan Operasi Bersama (BOB) PT.Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu Melaksanakan Rapat Pembahasan Draft Perjanjian Kerjasama Pemulihan Ekosistem Melalui Rehabilitasi DAS di Kawasan TN Tesso Nilo

Pkl. Kerinci, 2 Maret 2021 – Balai TN Tesso Nilo melakukan pertemuan dengan BOB PT.Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu dalam rangka penyempurnaan draft PKS Pemulihan ekosistem di Kawasan TN Tesso Nilo. Pertemuan ini dibuka langsung oleh Plt. Kepala Balai TN Tesso Nilo Bapak Andri Hansen Siregar, S.Hut.T.,M.Sc dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Rapat pembahasan PKS penguatan fungsi TN Tesso Nilo ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal KSDAE terkait percepatan pelaksanaan pemulihan ekosistem di zona rehabilitasi TN Tesso Nilo.

Kegiatan kerjasama ini dilakukan dengan mengedepankan peran partisipatif masyarakat desa yang diikat melalui skema Kemitraan Konservasi Pemulihan Ekosistem (KKPE).
KKPE merupakan salah satu perwujudan dari pengelolaan kolaboratif kawasan hutan konservasi (khususnya di TN Tesso Nilo) bersama masyarakat yang diamanatkan oleh Perdirjen KSDAE no.6 tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Kemitraan Konservasi pada Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam.

Melalui Perdirjen KSDAE tersebut, diharapkan masyarakat (berbentuk Kelompok Tani Hutan Konservasi) yang tinggal di sekitar areal kerjasama dapat menjadi ujung tombak dalam melaksanakan kegiatan yang tercantum dalam ruang lingkup PKS Pemulihan Ekosistem melalui Rehabilitasi DAS TN Tesso Nilo. Ruang lingkup dalam perjanjian kerjasama yang memiliki jangka waktu 3 tahun tersebut adalah penanaman seluas 420 hektar dan 193 hektar; perawatan tahun pertama; dan, perawatan tahun kedua yang dilaksanakan di Resort Air Hitam Bagan Limau – SPTN I LKB yang berada di wilayah administratif Desa Bagan Limau, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan-Riau.

Dalam pertemuan ini kedua belah pihak tidak hanya melakukan pembahasan draft perjanjian kerjasama, selain itu dibahas juga draft Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan draft Rencana Kerja Tahunan (RKT) untuk mencapai kata mufakat dari kedua belah pihak terkait isi dari draft tersebut.

Dalam waktu dekat akan dilakukan pembahasan lebih lanjut terkait isi dari draft PKS, RPP, dan RKT dengan instansi terkait, dengan harapan draft tersebut dapat segera difinalisasi dan ditandatangani bersama oleh Kepala Balai TN Tesso Nilo dan General Manager BOB PT. Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu guna mendukung penuh pelaksanaan program rehabilitasi DAS di kawasan TN Tesso Nilo di Resort Air Hitam Bagan Limau secara kolaboratif bersama masyarakat.

Sumber: Fauzan Kahfi, S.Hut.,M.I.L.,M.Sc

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed