by

SIAP BEKERJA !!!

Tahun 2021 adalah tahun keberuntungan bagi saya karna bisa bergabung kedalam lingkup kerja Taman Nasional Tesso Nilo. Dulu menjadi bagian dari Taman Nasional Tesso Nilo bagaikan angan-angan saja tapi sekarang itu sudah menjadi kenyataan manis bagi saya. Menjadi Calon PNS dengan jabatan Polisi Kehutanan Pemula membuat saya banyak mempelajari hal-hal baru. Apalagi dibulan awal saya bekerja ini saya banyak belajar dan memahami apa saja urusan-urusan yang ada dalam lingkup kerja Taman Nasional selama masa orientasi. Orientasi ini berlangsung selama dua bulan lamanya dengan jadwal yang sudah disesuaikan.

Beberapa urusan yang sudah saya pelajari diantaranya urusan teknis, perpetaan dan kawasan konservasi; urusan keuangan; urusan satgas polhut; urusan pengendalian kebakaran hutan dan lahan; serta urusan humas, perijinan, promosi dan pemanfaatan jasa lingkungan. Dalam masa orientasi di urusan teknis, perpetaan dan kawasan konservasi, saya mempelajari tentang sejarah penetapan kawasan Taman Nasional Tesso Nilo yang diperuntukkan untuk kawasan konservasi gajah sumatera (Elephas maximus), juga memahami tugas pokok dan fungsi yang biasanya dikerjakan dalam urusan ini. Kegiatan-kegiatan yang rutin yang dilakukan dalam urusan ini antara lain inventarisasi satwa dan tumbuhan, pemasangan kamera trap dan juga penyediaan data peta kawasanTNTN.

Sangat menarik ketika saya dan rekan diminta untuk melakukan identifikasi satwa liar yang tertangkap kamera trap dan juga identifikasi jenis tumbuhan dalam kawasan TNTN yang mana keanekaragaman satwa dan tumbuhannya sangat tinggi.

Sebagai CPNS Polisi Kehutanan Pemula tidak lepas dari fungsi perlindungan, pengamanan dan penegakan hukum. Hal ini saya pelajari dari urusan satgas polhut yang dibimbing oleh Kaur satgas polhut Bapak Ashari. Dalam melakukan perlindungan dan pengamanan kawasan hutan, polhut TNTN menghadapi tantangan yang sangat besar. Tantangan ini sejalan dengan maraknya perambahan illegal, aktifitas perkebunan dan juga illegal logging yang dilakukan didalam kawasan TNTN. Ini merupakan tugas besar yang harus dilakukan polhut untuk menemukan solusi dan jalan keluar yang baik bagi TNTN dan juga bagi masyarakat sekitar kawasan TNTN demi terjaganya kelestarian kawasan TNTN dan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan TNTN.

Taman Nasional Tesso Nilo memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta alam dan masyarakat luar. Selain karna keanekaragaman tumbuhan dan satwa nya yang masih sangat tinggi, beberapa paket kegiatan wisata seperti mahout wanna be, susur sungai, jungle bike dan jungle tracking juga menjadi tujuan yang dicari oleh wisatawan nusantara maupun manca negara.
Hal ini menurut saya sangat bagus, apalagi jika promosi terus dilakukan dengan sangat gencar melalui media sosial, itu akan menambah profit tersendiri bagi TN Tesso Nilo. Kegiatan promosi ini sendiri merupakan bagian urusan dari humas, perijinan, promosi dan pemanfaatan jasa lingkungan. Selain promosi, bagian humas juga membuat poster-poster ajakan untuk mengajak dan menghimbau masyarakat untuk tetap selalu menjaga hutan agar lestari.

Harapan saya sebagai CPNS TN Tesso Nilo, selama masa orientasi ini dapat memaksimalkan pengetahuan serta wawasan diunit kerja TN Tesso Nilo  sebelum terjun langsung kelapangan. Mempersiapkan diri sebaik mungkin, dapat bekerja dengan maksimal dan profesional, serta juga dapat memberikan kontribusi yang positif bagi TN Tesso Nilo.

“Saya CPNS KLHK siap bekerja di Taman Nasional Tesso Nilo”
– Chyndy Yulya Chandra

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed