by

TN TESSO NILO GELAR INVENTARISASI SOSIAL EKONOMI DI DESA PENYANGGA

Baserah, 16 s.d 25 November 2020 – Petugas SPTN II Baserah TN Tesso Nilo sambangi desa penyangga dan lakukan investarisari sosial ekonomi dan areal kemitraan konservasi. Kegiatan dilaksanakan di Dusun II Desa Segati Kec. Langgam yang secara geografis berbatasan dengan Resort Tesso Situgal SPTN Wilayah II Baserah.

Kegiatan inventarisasi sosial dan ekonomi kali ini, dilaksanakan setelah sebelumnya petugas sudah menggelar sosialisasi kemitraan konservasi pemulihan ekosistem di Desa yang sama.

Petugas yang terdiri dari penyuluh, polhut, dan staf tersebut melaksanakan kegiatan di dua lokasi dengan jumlah peserta sebanyak lebih kurang 177 KK.

Dalam kegiatan ini petugas turut mendata fasilitas umum yang berada di Dusun tersebut, seperti sekolah, tempat ibadah, tempat pemakaman umum, sumber air bersih dan sumber listrik yang digunakan.

Dikatakan lagi, selain kegiatan tersebut petugas juga gelar pertemuan serta diskusi tentang program kemitraan konservasi pemulihan ekosistem TNTN kepada masyarakat yang menjadi sasaran. Masyarakat merespon baik program kemitraan ini, dan kepada masyarakat tersebut direncanakan akan dilakukan pembentukan Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK).

Hasil kegiatan ini akan dilaporkan oleh petugas kepada Kepala Balai TNTN sebagai bahan pengambilan kebijakan selanjutnya. Petugas berharap agar kegiatan sosialisasi dan inventarisasi ini dapat ditindaklanjuti oleh kelompok masyarakat Desa Segati untuk bekerjasama dalam Pemulihan Ekosistem, perlindungan dan pengamanan pawasan TN Tesso Nilo.

Sumber berita: Fauzan Kahfi, dkk

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed