by

TIM SPTN WILAYAH I LKB BALAI TN TESSO NILO BERSAMA YTNTN MELAKSANAKAN PATROLI SATWA DILINDUNGI

Lubuk Kembang Bunga, Kamis 16 April 2020 – Petugas SPTN Wilayah I LKB Balai TN Tesso Nilo bersama dengan tim dari Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo  melakukan patroli satwa dikawasan hutan TN Tesso Nilo. Tim melaksanakan patroli satwa untuk melihat dan memantau keberadaan satwa dilindungi pada rute patroli yang telah dipetakan berdasarkan titik satwa kerap menunjukkan jejak keberadaannya.

Adapun sasaran dari patroli satwa dilindungi yang dilaksanakan diantaranya satwa gajah, harimau, tapir dan beruang. Selama dalam perjalanan melaksanakan patroli, tim menemukan banyak bekas jejak maupun suara dari gajah. Jejak yang dijumpai tim diantaranya terdapat kotoran baru, bekas semak yang dilalui, dan sebagainya. Tim juga mengungkapkan menemukan bekas atau jejak yang sudah lama dari gajah di area yang diduga sebelumnya juga dilalui oleh kelompok gajah.

Kepala Balai TN Tesso Nilo Bapak Ir. Halasan Tulus menyampaikan bahwa patroli yang dilaksanakan merupakan upaya untuk tetap menjaga populasi satwa dilindungi di kawasan hutan TN Tesso Nilo, “selama patroli tim menemukan banyak jejak maupun bekas dari satwa dilindungi kita, hal ini membuktikan bahwa satwa dilindungi seperti gajah, tapir dan sebagainya masih eksis dan menganggap kawasan TN Tesso Nilo masih sangat baik untuk menjadi habitatnya, untuk itu kita akan terus berupaya untuk melestarikan kawasan TN Tesso Nilo agar tetap menjadi habitat bagi satwa dilindungi” Terang Kepala Balai.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *