by

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA PENYANGGA TN TESSO NILO, 6000 BATANG BIBIT PINANG BATARA SUDAH SIAP TANAM DAN DIDISTRIBUSIKAN

SITUGAL, Minggu, 22 Maret 2020 – Dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa penyangga dalam bentuk bantuan ekonomi berupa bibit pinang betara, kelompok tani binaan Balai TN Tesso Nilo “Maju Besamo” Desa Situgal telah  mendistribusikan bibit-bibit unggul pinang batara kepada seluruh anggota kelompoknya yang berjumlah 20 orang. bibit-bibit tersebut didistribusikan setelah persemaian bibit yang dilakukan oleh kelompok tani dianggap siap untuk ditanam.

Dari 20 org anggota kelompok, masing-masing anggota kelompok mendapatkan bibit sebanyak 300 batang. Dengan jumlah  tersebut artinya sudah 6.000 batang bibit pinang yg sudah terdistribusi ke setiap anggota kelompok dan siap untuk ditanam di masing-masing kebun kelompok masyarakat.

Masyarakat kooperatif dalam melaksanakan program dan sangat senang dan berterimakasih kepada Balai TNTN yang telah memberi bantuan ekonomi ini, masyarakat berharap hasil dari penanaman pinang batara ini dapat meningkatkan perekonomian masyrakat Desa Situgal. Dari keterangan petugas Resort Situgal SPTN Wilayah II Baserah, masih ada ratusan bibit yang sedang disemai yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat Desa Situgal di luar kelompok binaan.

“Alhamdulillah, benih yg selama ini kita semai dan kita rawat bersama-sama dari bulan Desember 2019, kondisinya sangat bagus & sudah bisa ditanam di kebun masing2” ucap ketua kelompok bapak Arman Ependi.

Kepala SPTN Wilayah II Baserah ikut mengungkapkan harapannya kepada kelompok tani binaan, “Bibit yang sudah kita semai dari tahun lalu sudah layak tanam dan kita distribusikan kepada kelompok tani, harapan kita nanti bibit yang ditanam dapat tumbuh dengan subur dan hasilnya bisa membantu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.  tidak hanya orang-orang di dalam kelompok yang nantinya menikmati bibit ini, masyarakat lain pun bisa menikmatinya” ungkap Kepala SPTN Wilayah II Baserah Bapak Ibram Eddy Candra, S.Hut, M.Sc

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *