All for Joomla All for Webmasters

Social Login

Remember me
Berita

Kulim masih dijumpai di kawasan TN. Tesso Nilo

Pangkalan kerinci, Juni 2017

Kegiatan Enumerasi plot sampel permanen (PSP) dilakukan oleh personil Balai TN. Tesso Nilo tanggal 13 s.d 22 Juni 2017. Monitoring flora difokus kan pada daerah yang masih berhutan di kawasan TN. Tesso Nilo, tepatnya Resort Onangan Nilo, SPW II Baserah. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk memonitor keberadaan flora di kawasan TN. Tesso Nilo sehingga data yang diperoleh dapat digunakan untuk sumber rujukan dan rencana pengelolaan kawasan.

 

Kegiatan enumerasi PSP tersebut menemukan masih terdapat berbagai jenis pohon langka diantaranya  pohon kulim (Scorodocarpus borneensis). Pohon kulim khususnya di provinsi Riau merupakan jenis yang keberadaannya semakin langka. Penyebab kelangkaan tersebut karena pemanfaatan kayunya namun belum ada upaya budidaya. Kawasan TN. Tesso Nilo masih menyimpan potensi indukan pohon kulim. Hasil enumerasi PSP yang dilakukan menemukan beberapa individu berukuran diameter 70 s.d 100 cm dan juga di jumpai anakan kulim tersebar disekitarnya.

Keberadaan pohon pohon langka seperti kulim di kawasan TN. Tesso Nilo membuatnya menjadi semakin penting untuk dijaga dan dilindungi.

 


 

Kirim Pertanyaan