All for Joomla All for Webmasters

Social Login

Remember me
Berita

2 Lembaga Jepang Tanam Pohon di Lahan Terdegradasi Riau

Siak - Dua lembaga independen dari Jepang berkolaborasi bersama APP Sinar Mas Group dalam menanam pohon di lahan terdegradasi di Riau. Seorang warga Jepang lanjut usia menitipkan donasi untuk program penghijauan tersebut.

 

Kedua lembaga Jepang itu adalah International Tropical Timber Organization (ITTO) dan Japan Agency for Environmental Business. Mereka berkunjung ke lahan terdegradasi di Arboretum Sinar Mas Forestry di Kabupaten Siak, Riau, Kamis (4/8/2016).

 

Untuk ke depan, program ini akan berlanjut ke kawasan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil. Bibit kayu Meranti yang ditanam berasal dari Sumatera.

Kepala Konservasi APP, Dolly Priatna, menjelaskan manajemen berkomitmen untuk menyediakan 10 juta dolar AS per tahun untuk program restorasi lahan terdegradasi di 10 lanskap yang berada di sekitar konsesi hutan tanaman industri APP-Sinar Mas di Provinsi Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat. Lima area restorasi terdapat lima lanskap, yakni Giam Siak Kecil, Semenanjung Kampar-Kerumutan, Senepis dan Bukit Tigapuluh.

 

"Dari program tersebut, wilayah restorasi paling luas berada di Riau. Program ini ditargetkan rampung dalam tiga tahun ke depan," ujar Dolly.

 

Dolly menjelaskan, kolaborasi dengan dua lembaga Jepang, juga menggandeng Yayasan Belantara, sebuah yayasan independen yang awalnya dibentuk oleh APP untuk mengelola pendanaan dalam mendukung berbagai program konservasi di lanskap Sumatera dan Kalimantan. Selain itu, terdapat juga Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Kuok, Riau (FORDA Kuok).


 

Kirim Pertanyaan