All for Joomla All for Webmasters

Social Login

Remember me
Aktivitas Wisata

Aktivitas Wisata

Keanekaragaman hayati yang dikandung kawasan hutan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) sangat tinggi. Disamping itu, TNTN juga merupakan hutan hujan dataran rendah yang sangat mempesona. Oleh karenanya, kawasan TNTN merupakan aset penting yang dapat dikembangkan untuk pengembangan wisata alam baik satwa maupun alamnya.

Diantara berbagai macam potensi yang terdapat di TNTN berikut beberapa yang sangat menarik untuk dikunjungi:

 

1.    Pemanenan Madu Hutan

Madu merupakan salah satu hasil hutan non kayu yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar kawasan taman nasional Tesso Nilo. Masyarakat memanen madu dengan cara tradisional yang sangat unik dan menarik untuk kita saksikan. Mereka memanjat pohon sialang (pohon tempat lebah hutan bersarang) pada malam hari dengan ritual khusus. Tidak sembarang orang bisa atau memiliki kemampuan untuk memajat pohon berdiameter berkisar 80 – 150 cm dan tinggi mencapai ± 25 m, dengan peralatan yang sangat sedherhana dan dilaksanakan pada malam hari. Jadi, proses pemanenan madu hutan di TNTN merupakan tradisi dan budaya lokal yang wajib anda saksikan. Selain menyaksikan proses pemanenan madu, anda juga dapat membeli madu hutan asli dari petani sebagai buah tangan yang tentunya dijamin sangat manis.

 

2.    Susur Sungai

Kondisi sungai dalam kawasan TNTN yang masih asri dengan lanskap  formasi hutan rawa, pandan, rotan dan hutan hujan dataran rendah serta pohon – pohon sialang yang terdapat di pinggir sungai merupakan pemandangan indah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dengan menggunakan perahu ketek anda dapat melaksanakan susur Sungai Nilo yang mungkin tidak anda temukan di tempat lain. Kemudian pada hari-hari menjelang bulan Ramadhan anda dapat menyaksikan tradisi masyarakat mandi balimo (mensucikan diri sebelum beribadah di bulan Ramadhan), dimana semua masyarakat tumpah ruah mandi bersama di sungai juga merupakan budaya yang layak anda saksikan.

 

3.    Jelajah Hutan

TNTN memiliki keanekaragaman spesies tumbuhan vascular tertinggi di dunia , yaitu sebanyak rata-rata 218 spesies per petak pengamatan dengan luas 200 m2( Gilison A.N 2001). Sedangkan menurut Penelitian LIPI tahun 2003 kekayaan jenis flora di kawasan TNTN sebanyak 215 Jenis dari 48 Family dan anak Pohon 305 Jenis dari 56 famili, dan kekayaan jenis fauna (berdasarkan hasil penelitian LIPI Tahun 2006) yang terdapat di kawasan TNTN dijumpai 23 Jenis dan dicatat 34 Jenis. Dari jumlah tersebut 18 Jenis di antaranya berstatus dilindungi dan 16 Jenis termasuk Rawan Punah berdasarkan Kriteria IUCN.

Anda dapat menikmati sebagian keanekaragaman hayati tersebut dengan melakukan jelajah hutan hujan pada rute trail ekowisata yang telah disiapkan dengan baik dan nyaman. Apabila  beruntung, maka anda dapat menemukan jejak-jejak satwa langka dan di lindungi seperti Harimau Sumatra , Gajah Sumatra, Tapir, Beruang, dll.

 

4.    Atraksi Gajah Latih

Di dalam kawasan TNTN terdapat camp flying squad yang dikelola dengan kerjasama WWF dan BBKSDA Riau. Disana terdapat Gajah Sumatra yang sudah  dilatih, sehingga anda dapat beriteraksi dengan gajah latih tersebut dengan memandikan dan memberikan pakan serta menaiki gajah tersebut berkeliling kawasan TNTN yang sangat unik. Selain itu anda juga dapat menambah pengetahuan tentang Gajah Sumatra yang sudah semakin langka dengan berwawancara kepada petugas dan mahout (pawang gajah) . Sungguh pengalaman yang menarik bukan??

 

5.    Patroli Gajah Liar

Bagi anda yang mempunyai adrenalin tinggi, anda dapat mengikuti patroli gajah liar bersama tim Flying Squad , yaitu berpatroli dengan menaiki gajah latih untuk memantau gajah liar dan menghalau gajah liar tersebut agar tidak memasuki dan merusak perkampungan, sehingga mengurangi konflik Gajah Sumatra dengan manusia. Pengalaman yang tidak anda dapat dimanapun selain di TNTN.

 

6.    Menara Pantau

Pada pagi dan sore hari anda dapat menikmati keindahan panorama kawasan TNTN dari menara pantau. Pemandangan yang mempesona dan udara yang segar menemani anda untuk melihat burung Rangkong, Elang dll. yang keluar mencari makan pagi hari dan kembali ke sarang pada sore hari.

 

7.    Menanam Pohon Endemik

Setelah menikmati apa yang telah diberikan oleh alam, sekarang saatnya anda berbuat sesuatu untuk melestarikan alam, yaitu dengan menanam pohon endemic khas Tesso Nilo. Anda dapat menanam dan mengadopsi pohon tanaman anda tersebut dengan menyematkan identitas anda.


Like us on facebook

 

Kirim Pertanyaan