by

PETUGAS SPTN WILAYAH I LKB RESORT LKAS MELAKSANAKAN PATROLI SMART RBM DAN MONITORING RESORT

Lubuk Kembang Bunga, 6 s.d 9 Februari 2020  – Petugas SPTN Wilayah I LKB Resort Lancang Kuning Air Sawan melaksakan Patroli SMART Resort Based Management (RBM) dan monitoring Resort LKAS. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama petugas Resort LKAS di tahun 2020 dan dilaksanakan oleh 18 orang personil.

Disebutkan oleh Kepala Resort Lancang Kuning Air Sawan, RBM merupakan sebuah konsep pengelolaan taman nasional yang menjadikan resort sebagai ujung tombak untuk berjalannya pengelolaan kawasan. Dalam instruksi Dirjen PHKA, program RBM dilaksanakan melalui 4 hal : Pembentukan Tim kerja, Penguatan Kelembagaan, Penataan Resort dan Pembangunan Sistem Informasi (Edaran Dirjen PHKA No. 295/IV-KKBHL/2011 tanggal 27 Juni 2011). Berdasarkan hal tersebut petugas mengawali awal tahun untuk mengembangkan program tersebut agar pengelolaan kawasan pada tahun 2020 dapat terorganisir dengan baik.

Dalam kegiatan ini petugas juga melaksanakan monitoring kawasan resort, dan Selama melaksanakan patroli tim menjumpai beberapa orang sedang menuju kawasan TN Tesso Nilo sejumlah 3 orang yang tengah membawa 1 unit mesin chainsaw yang merupakan alat untuk menebang pohon. Mendapati itu tim langsung mengamankan 1 unit Chainsaw dan memberikan peringatan keras kepada orang bersangkutan untuk tidak memasuki kawasan dan melakukan kegiatan tipihut.

Kepala Balai TN Tesso Nilo Bapak Ir. Halasan Tulus menyampaikan apresiasi kepada para petugas yang melaksanakan kegiatan. Beliau mengatakan harapannya untuk pengelolaan kawasan yang semakin baik pada tahun 2020, “kegiatan ini merupakan awal yang baik untuk tahun ini untuk pengelolaan kawasan TN Tesso Nilo, Balai TN Tesso Nilo menaruh harapan yang sangat besar kepada para petugas dilapangan untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya” terang Kepala Balai TN Tesso Nilo.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed