by

TIM MONITORING DAN SUPERVISI SPTN II BASERAH TINJAU PROGRES KTH

Desa Situgal, Jumat 18 Oktober 2019 – Tim monitoring dan supervisi Kelompok Tani Hutan (KTH) SPTN Wilayah II Baserah melakukan monitoring untuk memantau perkembangan/kemajuan kelompok binaan desa  TN Tesso Nilo. Monitoring dilaksanakan berdasarkan atas pembentukan kelompok masyarakat oleh TN Tesso Nilo di Desa Situgal pada tanggal 09 Juli 2019 bernama KTH Maju Basamo.

Dari monitoring dan pemantauan, diketahui  bahwasanya Kelompok ini telah sepakat untuk mengalokasikan dana bantuanya utk mendongkrak ekonomi desa dari sektor budidaya tanaman pinang unggul jenis  Pinang Batara.

Dari keterangan tim monitoring dan supervisi, kelompok sangat kooperatif dan antusias dalam melaksanakan program kelompok yang telah dirancang. Hal tersebut terbukti dengan kelompok yang berjumlah 20 orang anggota ini membagi mereka menjadi kelompok kecil yg terdiri dari 5 (lima) orang/kelompok, hal ini mereka lakukan untuk memudahkan dalam pengawasan, monitoring serta menghindari kesenjangan antar anggota dalam hal pembagian tugas perawatan selama bibit berada di dalam bedeng persemaian. Kelompok-kelompok kecil ini bertugas dan bertanggung jawab pada benih/bibit yg dibesarkan nantinya sebelum masuk kedalam proses penanaman.

Tim monitoring dan supervisi juga mengungkapkan bahwa beberapa proses telah dilaksanakan oleh KTH seperti penyiapan bedeng persemaian, penyiapan media tanam ke polybag, pupuk/kompos, dll, sehingga pada saat kecambah pinang tiba, kelompok-kelompok tadi tinggal bertugas memasukan kecambah ke dalam polybag-polybag yg sudah disiapkan.

Kepala Balai TN Tesso Nilo Ir. Halasan Tulus menyampaikan dukungannya atas aktifnya KTH yang telah dibentuk, sesuai dengan pernyataannya, “Balai TN Tesso Nilo sangat senang dengan tanggapan kelompok yang sangat antusias menjalankan program dan bantuan yang telah diberikan pemerintah melalui Balai TN Tesso Nilo. Progres yang dilakukan oleh KTH ini semoga menjadi contoh bagi KTH lain untuk terus maju melaksanakan programnya”, terang Kepala Balai.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed