by

SPTN WILAYAH II BASERAH DAMPINGI YTNTN BERIKAN PELATIHAN MITIGASI KONFLIK SATWA

Baserah, Sabtu 03 Agustus 2019 – SPTN II Baserah melakukan pendampingan pelatihan mitigasi konflik satwa gajah yang diselenggarakan oleh Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (YTNTN). Peserta pelatihan ini  adalah masyarakat Desa Gunung Melintang sebanyak 20 orang. Pelatihan dilaksanakan di kantor SPTN Wilayah II Baserah.

Pemateri pelatihan mitigasi konflik gajah ini berasal dari WWF Riau Bapak Syamsuardi dan didampingi oleh petugas SPTN Wilayah II Baserah serta YTNTN. Dalam pelatihan ini masyarakat diajarkan bagaimana mengatasi konflik yang terjadi dengan satwa gajah liar. Materi-materi yang diberikan berupa teori dan praktek dilapangan.

Perilaku gajah dialam liar, pengusiran gajah liar, safety pengusiran gajah liar,  meriam karbit, dan perakitan meriam karbit merupakan materi teori yang diberikan kepada masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi pengusiran gajah liar yang langsung dilakukan dengan dipandu oleh pemateri dan pendamping pelatihan di kawasan hutan sekitar SPTN Wilayah II Baserah.

“Terimakasih kami sampaikan kepada YTNTN yang telah mengadakan pelatihan ini, pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar kawasan TN Tesso Nilo yang merupakan habitat bagi gajah, kami harap masyarakat mampu memahami dan memperaktekkan ilmu yang telah diberikan. Kami TN Tesso Nilo siap bekerjasama dengan masyarakat apabila terjadi konflik dengan satwa gajah”, ujar Kepala Balai TN Tesso Nilo Bapak Ir. Halasan Tulus.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed