by

TN. TESSO NILO LAKUKAN SURVEY SOSEK KE DESA LUBUK KEMBANG BUNGA

Lubuk Kembang Bunga, Sabtu, 06 Juli 2019 – Petugas TN. Tesso Nilo melaksanakan kegiatan survey sosial ekonomi kepada kelompok masyarakat di Desa Lubuk Kembang Bunga.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengumpulan data sosial dan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat yang selama ini berkegiatan dan memanfaatkan zona tradisional TN. Tesso Nilo. Empat tim petugas turun langsung ke rumah-rumah masyarakat untuk melakukan survey. Tim ini terdiri dari tim sosial ekonomi kelompok nelayan, kelompok madu, kelompok pemanfaatan tanaman tradisional, dan Kelompok tanaman obat.

Tim mengumpulkan data dengan wawancara langsung ke rumah masyarakat dan juga melakukan pertemuan dan diskusi dengan kelompok-kelompok masyarakat. Berbagai informasi diperoleh petugas sepanjang kegiatan, diantaranya sudah ada 3 kelompok nelayan diantaranya Kelompok Sungai Sawan, Kelompok Rantau Bonal dan Kelompok PU Mandiri dari Desa LKB, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan yang di bentuk oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pelalawan. Kelompok tersebut berharap agar nantinya agar dapat bekerja sama lebih lanjut dengan pihak TN. Tesso Nilo.

Dalam kegiatan survey sosek ini, kelompok masyarakat sangat antusias dan menerima kebijakan dari Balai TN. Tesso Nilo terkait pembentukan Kelompok-kelompok pemanfaatan zona tradisional. Kelompok-kelompok masyarakat tersebut berharap dapat bersama-sama dengan TN. Tesso Nilo untuk memperoleh pendampingan dan menghadirkan program-program dan kegiatan yang bermanfaat bagi perkembangan kelompok pemanfaat zona tradisional di kawasan TN. Tesso Nilo.

Kepala Balai TN. Tesso Nilo, Bapak Ir. Halasan Tulus mendukung penuh kegiatan ini dan menyatakan, “Kebijakan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem berupa ‘Kemitraan Konservasi’ merupakan solusi akses kelola kawasan konservasi, termasuk di Taman Nasional Tesso Nilo, yang memperhatikan aspirasi masyarakat. Oleh karena itu, Balai Taman Nasional Tesso Nilo sangat serius mendorong program ini agar berhasil dengan baik melalui komunikasi aktif bersama masyarakat”,terang Kabalai TN. Tesso Nilo.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *