by

KEPALA BALAI TN.TESSO NILO MONITORING KARHUTLA DAN TINJAU LOKASI PEMBIBITAN

Lubuk Kembang Bunga, 6-7 Juli 2019 – Kepala Balai TN.Tesso Nilo Ir. Halasan Tulus beserta jajaran melaksanakan monitoring karhutla di Desa Air Hitam didampingi oleh Kepala SPTN I LKB, Kepala Resort Air Hitam Bagan Limau, Kapolsek Ukui, Babinsa, regu MA dan juga MMP.

 

Tujuan monitoring yang dilaksakanan untuk melihat lokasi kejadian kebakaran hutan dan lahan yang terjadi beberapa hari sebelumnya. Berdasarkan  pantauan yang dilaksanakan, kebakaran sudah dapat diantisipasi dan telah padam keseluruhannya. Dalam penanganan karhutla Kepala Balai TN.Tesso Nilo turut berkoordinasi dengan Polsek ukui dan Maggala agni yang bertugas dilapangan.

 

Selanjutnya Kepala Balai melakukan kunjungan ke  lokasi pembibitan kegiatan RHL dan PE yang melibatkan masyarakat, dimana kegiatan pembibitan ini merupakan bagian dari kegiatan pemulihan ekosistem bersama masyarakat. Bibit ini akan ditanam di kawasan TN.Tesso Nilo Resort Air Hitam Bagan Limau. Bibit di persemaian tersebut merupakan jenis tanaman bermanfaat seperti petai, jengkol dan durian.

Dalam kunjungannya Kepala Balai TN.Tesso Nilo juga laksanakan diskusi bersama Kepala Desa Air Hitam membahas pencegahan dan penanggulangan Karhutla serta Pemulihan Ekosistem.

 

Kepala Balai TN.Tesso Nilo menyatakan,”Balai TN.Tesso Nilo akan memaksimalkan dan mendorong upaya pemulihan ekosistem melalui kemitraan konservasi baik di zona rehabilitasi maupun di zona tradisional, namun untuk keberhasilan ini perlu dukungan stakeholder khususnya aparat desa dan masyarakat. Mari, bersama kita bisa”, terang Kepala Balai.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed