TNTN Dan Warga Siapkan Pos Penjagaan Hutan Tersisa

by

Lubuk Kembang Bunga, TNTN – Seksi Pengelolaan Wilayah I TNTN laksanakan kegiatan pencarian lokasi POS PAM Rabu s.d Kamis tanggal 7 – 8 Maret 2018 di Resort Lancang kuning dan Air Sawan SPW I Lubuk Kembang Bunga.

Tak hanya oleh personil SPW I, pencarian lokasi juga melibatkan masyarakat diantaranya Polsek Ukui, Kepala Dusun Toro, RT dan RW sekitar serta masyarakat lainnya.

Tim SPW I menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendirikan POS yang nantinya dijadikan sebagai upaya perlindungan hutan yang tersisa, pencegahan Karhutla dan hal-hal yang bermanfaat lainnya baik untuk TNTN maupun untuk masyarakat.

Selama dua hari pencarian lokasi, tim dan masyarakat juga berkumpul untuk melakukan diskusi dan sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu Kepala Dusun Toro menyampaikan bahwa kegiatan dari SPW I ini harus didukung penuh oleh perangkat desa karena hutan tersisa di kawasan TNTN  tidak boleh lagi dirambah apalagi dibakar.

Dihari kedua pencarian lokasi disela-sela istirahat tim juga aktif menyosialisasikan pelarangan perambahan kepada masyarakat yang duduk di warung sekitar kawasan.

Dihari kedua juga pada pukul 16.00 WIB Tim dan masyarakat akhirnya menemukan lokasi yang tepat dan ideal untuk POS PAM dan disepakati secara bersama yaitu dipinggir sungai sawan Resort Lancang Kuning dan Air Sawan SPW I LKB.

“Syukur Alhamdulillah niat baik kita tidak hanya diterima tapi dibantu oleh masyarakat. Kedepannya masyarakat akan terus kita libatkan dalam tiap kegiatan kita jika berhubungan dengan penjagaan kawasan hutan”, terang salah satu SPW I TNTN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *