Terima Wejangan, 35 Siswa Smk Kehutanan Negeri Pekabaru Dalami Ilmu Kehutanan Di Taman Nasional Tesso Nilo

by

TNTN – Maret 2018, Sebanyak 35 siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri Pekanbaru laksanakan praktek industri di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo. Para siswa kelas X tersebut laksanakan praktek selama 30 hari penuh mulai 1 s/d 30 Maret 2018.

Pelaksanaan praktek industri bertujuan untuk membentuk karakter rimbawan “jiwa kemandirian kepada para siswa, oleh karnanya pelaksanaan praktek industry siswa SMK ini diprogramkan tinggal di dalam tenda.

Selama satu bulan penuh para peserta praktek dibimbing oleh staf teknis, pengendali hutan, penyuluh dan POLHUT di Seksi Pengelolaan Wilayah I TNTN. Dalam pelaksanaannya para siswa diajarkan mengenai pengelolaan kawasan serta monitoring satwa dan flora.

Dalam masa pelaksanaan praktek industri, para siswa juga turut serta dalam kegiatan yang dilansanakan dikawasan hutan TNTN, Minggu 18/03/18 para siswa terlihat ikut serta dalam pengawalan acara bersepeda yang diadakan oleh TNTN bekerjasama dengan gabungan komunitas sepeda se Kabupaten Pelalawan.

Usai kegiatan para siswa dikumpulkan dan diberi wejangan perihal kehutanan oleh Kepala Balai TNTN Supartono, S.Hut,M.P. Dalam pengarahannya, Kepala Balai TNTN menanamkan sikap mencintai hutan dengan menjaga kelestariannya.

“Mereka adalah generasi paling muda didunia kehutanan yang masih bisa kita bentuk sedemikian rupa agar nanti saat sudah berkecimpung di dunia kerja kehutanan tidak mementingkan diri dengan memanfaatkan hutan untuk mengisi pundi pundi pribadi” terang Kepala Balai TNTN Supartono, S.Hut, M.P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *