35 Siswa, 30 Hari Bersama Taman Nasional Tesso Nilo

by

Lubuk Kembang Bunga, TNTN – Sebanyak 35 siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri Pekanbaru laksanakan praktek industrI di kawasan TN. Tesso Nilo. Para siswa kelas X tersebut laksanakan praktek selama 30 hari penuh mulai 1 s/d 30 Maret 2018.

Pelaksanaan praktek industri bertujuan untuk membentuk karakter rimbawan “jiwa kemandirian kepada para siswa, oleh karnanya pelaksanaan praktek industri siswa SMK ini diprogramkan tinggal di dalam kawasan TN. Tesso Nilo.

Selama satu bulan penuh para peserta praktek dibimbing oleh staf teknis, pengendali ekosistem hutan, penyuluh dan POLHUT di Seksi Pengurus Wilayah I TNTN. Dalam pelaksanaannya para siswa diajarkan mengenai pengelolan kawasan konservasi.

Pengelolaan kawasan konservasi yang diajarkan oleh pemimbing diantaranya inventarisasi dan monitoring flora dan fauna di kawasan TN. Tesso Nilo, para siswa juga diarahkan untuk lakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar mengenai kawasan konservasi. Pengelolaan konservasi gajah jinak juga menjadi salah satu kegiatan para siswa selama laksanakan kegiatan praktek. Para siswa juga diikut sertakan dalam kegiatan patroli dan mendalami ilmu pengelolaan wisata di kawasan konservasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *